Kisi-kisi UN / UNBK Bahasa Indonesia SMP Tahun 2019 per Soal
12/28/2018
Edit
Berikut ini Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia SMP Tahun 2019 Perbutir Soal berdasarkan hasil bedah Kisi-kisi UN SMP Tahun 2018/2019. Semoga contoh prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia SMP Tahun 2019 Perbutir Soal dapat membantu para siswa SMP dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional yang pada umumnya akan dilaksanakan dengan moda UNBK.
PERKIRAAAN KISI-KISI UN SMP TAHUN 2019
HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No
Urut.
|
Indikator
Yang Diuji
|
|
1. MEMBACA NONSASTRA
|
||
1
|
Menentukan makna kata sesuai konteks paragraf tersebut.
|
|
2
|
Menentukan maksud salah satu kalimat pada paragraf
tersebut.
|
|
3
|
Menentukan pernyataan sesuai isi pragraf tersebut.
|
|
4
|
Menentukan kalimat yang menyatakan pertentangan dr
paragraf terdiri atas 4 atau 5 kalimat
|
|
5
|
Menentukan ide pokok paragraf yg terdiri atas 4 atau 5
kalimat
|
|
6
|
Menentukan kalimat utama paragraf terdiri atas 4
kalimat dengan diberi nomor
|
|
7
|
Menentukan simpulan isi paragraf terdiri atas 5 atau 6
kalimat
|
|
8
|
Menentukan ringkasan isi teks terdiri atas dua paragraf
|
|
9
|
Menentukan perbedaan penggunaan bahasa dua paragraf
|
|
10
|
Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan
cerpen
|
|
2. MEMBACA SASTRA
|
||
11
|
Menentukan makna ungkapan pada kutipan cerpen
|
|
12
|
Menentukan pernyataan yg merupakan isi dialog salah
satu tokoh pada kutipan
|
|
13
|
Menentukan keistimewaan tokoh pada kutipan biografi
|
|
14
|
Menentukan tindakan tokoh yang patut diteladani pada
kutipan kutipan teks biografi
|
|
15
|
Menentukan tokoh utama pada kutipan cerpen
|
|
16
|
Menentukan latar (tempat, waktu, suasana) cerita pendek
pada kutipan
|
|
17
|
Menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh pd
kutipan cerpen
|
|
18
|
Menentukan makna simbol dari kata tertentu pada kutipan
cerpen
|
|
19
|
Menentukan amanat pada kutipan cerpen
|
|
20
|
Menentukan nilai kehidupan (moral, sosial, budaya) pada
kutipan fabel
|
|
21
|
Menentukan penyebab/akibat konflik pd kutipan cerpen
|
|
22
|
Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan
fabel tersebut
|
|
23
|
Menentukan perbedaan penggunaan bahasa pada dua kutipan
cerpen
|
|
24
|
Menentukan kebiasaan tokoh yang tergambar pada kutipan
fabel
|
|
25
|
Menentukan keunggulan/kelemahan pd kutipan karya sastra
(cerpen/fabel)
|
|
3. MENULIS TERBATAS
|
||
26
|
Menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi
kalimat rumpang
|
|
27
|
Menentukan kata seru yang tepat untuk melengkapi
kalimat rumpang
|
|
28
|
Menentukan urutan yang tepat pada 5 kalimat petunjuk
|
|
29
|
Menentukan susunan yang tepat pada 5 kalimat laporan
|
|
30
|
Menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat
rumpang
|
|
31
|
Mengubah kutipan cerpen dg sudut pandang pengarang
berbeda (orang pertama ke orang ketiga atau sebaliknya)
|
|
32
|
Menentukan cerpen yang tepat sesuai dengan kutipan
naskah drama
|
|
33
|
Menentukan paragraf yang tepat berdasarkan data hasil
pengamatan suatu objek
|
|
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, PARAGRAF
|
||
34
|
Menentukan kata dari kalimat menggunakan pilihan kata
salah
|
|
35
|
Menentukan kalimat tidak efektif dalam paragraf
|
|
36
|
Menentukan pilihan kata yang tepat untuk melengkapi
kalimat rumpang
|
|
37
|
Menentukan kata sandang yang tepat untuk melengkapi
kalimat rumpang
|
|
38
|
Menentukan kt penghubung yg tepat untuk melengkapi 2
atau 3 kalimat rumpang dlm paragraf
|
|
39
|
Menentukan istilah yg tepat untuk mengganti istilah dlm
penggunaan 2 atau 3 istilah tidak tepat dlm paragraf
|
|
40
|
Menentukan perbaikan kesalahan kaidah penggunaan kata
berimbuhan, kata gabung/kata ulang dlm kalimat
|
|
41
|
Menentukan perbaikan kalimat kalimat tidak efektif
|
|
42
|
Menentukan perbaikan paragraf tidak padu
|
|
43
|
Menentukan alasan kesalahan kaidah penggunaan kata dlm
kalimat
|
|
44
|
Menentukan alasan ketidakefektifan dr kalimat tidak
efektif
|
|
45
|
Menentukan perbaikan kesalahan penggunaan ejaan
|
|
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
|
||
46
|
Menentukan kata dr kalimat yang menggunakan kata salah
penulisan huruf
|
|
47
|
Menentukan tanda baca dr penggunaan tanda baca yang
salah atau yang lain dlm paragraf
|
|
48
|
Menentukan perbaikan kesalahan dr 2 kesalahan penulisan
huruf kapital pada kata dlm paragraf
|
|
49
|
Menentukan perbaikandr kesalahan penggunaan tanda baca
dlm kalimat
|
|
50
|
Menentukan alasan kesalahan penggunaan tanda
baca dalam paragraf
|
Catatan: nomor
urut bukan menunjukkan nomor soal