Contoh Soal Bahasa Indonesia Essay Kelas 10 Semester 2 K13 Bagian 4
12/18/2018
Edit
Melanjutkan Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 bagian ke-3 (soal nomor 21-30), bagian ke-4 berisikan materi yang sama dengan PG B. Indonesia bagian ke-7 dan kedelapan, yaitu tentang "Antologi Puisi".
Berikut, contoh soal B.Indonesia kelas 10 semester genap beserta jawaban bagian ke-4, dimulai dari soal nomor 31.
Lanjutan Soal Bahasa Indonesia Essay Kelas 10
31. Apa yang dimaksud dengan antologi puisi....
Jawaban: buku yang memuat kumpulan puisi, baik dari seorang penyair atau beberapa penyair.
32. Sebutkan ciri-ciri antalogi puisi....
Jawaban:
a. Terdiri atas beberapa puisi.
b. Karya dari seorang penulis atau beberapa penulis.
33. Jelaskan tentang unsur intrinsik puisi....
Jawaban:
- Tema, gagasan pokok atau ide yang menjadi dasar suatu puisi.
- suasana merupakan unsur pemikiran dan perasaan penyair yang mampu membuat suatu suasana terhadap pembaca atau pendengar setelah membaca atau mendengar suatu puisi.
- Imaji merupakan gambaran yang ditimbulkan ketika membaca puisi tersebut melalui indra manusia, pendengaran, pengelihatan, perabaan, dan sebagainya.
- Simbol merupakan unsur puisi yang menyatakan bahwa kata-kata dalam puisi sebagai suatu lambang untuk maksud dan tujuan yang lain.
- Musikalitas puisi (nada/bunyi), sebuah puisi disusun atas kata-kata tertentu yang penuh makna dan indah untuk didengar yang berfungsi terhadap keseluruhan makna yang terdapat dalam puisinya.
- Gaya bahasa merupakan cara penyair menyampaikan pikiran dan perasaan saat membuat puisi tersebut.
- Amanat merupakan pesan dari penyair kepada pembaca atau pendengar setelah memahami tema, bunyi, dan makna dalam puisi tersbut.
34. Sebutkan jenis-jenis puisi baru....
Jawaban: Belanda, Himne, Ode, Epigram, Romansa, Elegi, Soneta, dan sebagainya.
35. Jelaskan yang dimaksud dengan struktur fisik puisi dan struktur batin puisi....
Jawaban: struktur fisik puisi merupakan unsur pembangun puisi yang bersifat fisik atau nampak dalam bentuk susunan kata-kata. Adapun struktur batin puisi merupakan unsur pembangun puisi yang tidak tampak langsung dalam penulisan kata-katanya.
36. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk memahami makna puisi....
Jawaban:
- Menemukan kata kunci dalam setiap baris atau lirik karna kata-kata tersebut merupakan inti baris tersebut.
- Menguraikan bait puisi ke dalam bentuk prosa atau parafrasa.
- Menafsirkan makan kata.
- Mengaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata.
37. Mengapa puisi lebih bersifat konotaif jika dibandingkan dengan karya sastra lain....
Jawaban: karna banyak digunakan makna hias dan makna lambang. Dibandingkan dengan bentuk dengan bentuk karya sastra lain, puisi lebih bersifat konotatif. Bahasanya lebih banyak mengandung kemungkinan makna. Hal ini disebabkan ternjadinya pengonsentrasian atau pemadatan segenap kekuatan bahasa dalam puisi. Apabila dilihat dari segi bentuk penulisannya, puisi memiliki suatu tata wajah atau penampilan khusus diatas kertas, yang biasa disebut tipografi.
38. Mengapa setiap penyair memiliki gaya bahasa yang berbeda-beda....
Jawaban: setiap penyair mempunyai gaya bahasa yang berbeda-beda, sesuai dengan pikiran dan perasaan saat membuat puisitersebut. Ada beberapa hal yang menyebabkan perbedaan pemilihan kata pada puisi, seperti bedanya zaman, pengalaman hidup penyair, perbedaan tempat budaya, dan sebagainya.
39. Bagaimana cara mendemonstrasikan antologi puisi....
Jawaban: Mendemonstrasikan antalogi puisi akan berbeda dengan membaca sebuah teks cerita. Penjiwaan dan penghayatan dalam demonstrasi atau musikalisasi antalogi puisi harus diperhatikan. Kita juga harus memperhatikan lafal dan intonasi yang jelas. Memahami isi puisi adalah upaya awal yang harus dilakukan oleh pembaca puisi agar dapat mengungkapkan makna tersirat dari untaian kata yang tersirat.
40. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendemonstrasikan antologi puisi....
Jawaban:
- Vokal merupakan hal pertama yang harus diperhatikan dalam membacakan puisi. Suara yang lantang, bersih, dan jernih akan sangat berpengaruh dalam mendemonstrasikan puisi. Dalam hal ini, vokal mencangkup artikulasi, diksi, tempo, dinamika, modulasi, intonasi, jeda, dan pernapasaan.
- Penampilan merupakan faktor lain untuk keberhasilan seseorang dalam membaca puisi. Penampilan ini berkaitan dengan kepribadian atau performance sesorang diatas pentas saat mempersembahkan sebuah puisi.usahakan terkesan tenang, tak gelisa, tak gugup, berwibawa dan meyakinkan serta mengasyikan (tidak demam panggung). Hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penampilan saat mendemonstrasikan antologi puisi, antara lain gerak, komunikasi, ekspresi, dan konsentrasi.
41. Jelaskan perbedaan antara buku fiksi dan nonfiksi.....
Jawaban: Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau cerita yan dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang.buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat bedasarkan fakta, realita, atau hal-hal, yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
42. Sebutkan jenis-jenis buku fiksi dan nonfiksi....
Jawaban: jenis-jenis buku fiksi, antara lain novel, cerpen, drama, puisi, dan sebagainya. Jenis-jenis buku nonfiksi antara lain buku biografi, buku motivasi, buku keterampilan, dan sebagainya.
43. Siapa saja biasanya yang membuat buku nonfiksi? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: dibuat oleh profesioanal di bidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pegetahuan yang dimilikinya. Misalnya, buku tentang bisnis yang dibuat oleh pembisnis sukses, buku motivasi yang dibuat oleh motivator, dan sebagainya.
44. Mengapa buku nonfiksi lebih populer di kalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: karna mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh kebutuhan. Misalnya, buku sukses bertanam mangga. Buku ini akan laku di pasaran, karena kebutuhan orang yang ingin bertanam mangga dengan sukses. Dengan membeli buku ini, pembaca dapat langsung memperoleh informasi mengenai cara bertanam mengga yang baik tanpa berusaha payah harus bertanya pada ahlinya.
45. Apa yang dimaksud dengan resensi....
Jawaban: kegiatan untuk mengulas atau menilai sebuah hasil karya baik itu berupa buku, novel, maupun film, dengan cara memaparkan data-data, sipnosis, dan kritikan terhadap karya tersebut.
46. Sebutkan berbagai tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku ilmiah....
Jawaban:
- Membantu pembaca mengetahui gembaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
- Mengetahui kelebihan atau kelemahan buku yang diresensi.
- Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
- Menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.
- Memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan subtansi buku.
47. Jelaskan unsur–unsur dalam pembuatan resensi....
Jawaban:
- Judul resensi harus memiiki keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Judul yang menarik juga akan memberi nilai lebih dari oada sebuah resensi.
- Isi resensi buku memuat tentang sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, keunggulan dan kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa.
- Pada bagian penutup biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.
48. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam meresensi buku ilmiah....
Jawaban:
- Carilah dan tentukan buku fiksi dan buku nonfksi yang akan dibuat resensi.
- Catatlah identitas buku yang akan diresensi, seperti jenis buku, judul buku, nema pengarang nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, dan harga buku.
- Catat dan pahami tujuan dana latar belakang penulisan buku, dengan cara membaca kata pengantar atau pendahuluan buku. Buatlah daftar pokok-pokok isi buku secara keseluruhan.
- Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku
- Tulis ringkasan materi dari buku yang dibuat resensi secara jelas dan sistematis.
- Pada akhir resensi berilah saran dan kesimpulan, apakah buku yang kita resensi tersebut layak dibaca atau tidak.
49. Baik buku fiksi maupun nonfiksi memiliki tujuan sendiri yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Jelaskan tentang pernyataan tersebut....
Jawaban:
sebagai pembaca kita diberi kebebasan untuk memilih jenis buku yang paling disukai untuk dibaca atau membaca buku untuk tujuan tertentu, seperti memberi motivasi pada diri sendiri dengan membaca buku motivasi atau buku budidaya yang akan memberikan keterampilan khusus kepada pembacanya.
50. Apa yang dimaksud dengan menganalisis....
Jawaban: Menelaah adalah kegiatan mengkaji sebuah teks untuk meneliti struktur dan bahasa teks tersebut secara mendalam.