Contoh Soal Uas Sejarah Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 Pilihan Ganda


Soal UAS sejarah kelas 10 semester 1 yang sedang anda baca ini, merupakan lanjutan dari Contoh Soal UAS Sejarah Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya (PG dan Essay) kepingan kedua (soal nomor 11-20). Dan pada kepingan ketiga, anda bisa mempelajari untuk persiapan menghadapi ujian kompetensi final sejarah.

Berikut di bawah ini, teladan soal sejarah kurikulum 2013 kelas X semester ganjil dengan jawabannya untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 21 hingga dengan 30.

Soal Uas Sejarah Kelas 10 Semester 1 (Lanjutan)

21. Filsuf Romawi yang menyampaikan bahwa "Sejarah ialah guru kehidupan" ialah....
a. Aristoteles
b. Hipocrates
c. Cicero
d. Thales
e. Herodotus
Jawaban: c

22. Secara praktis, kata sejarah sering dipahami dalam empat pengertian ruang lingkup, yaitu sebagai....
a. mitos, dongeng, kisah, dan kronik
b. cerita, legenda, dongeng, dan babad
c. kisah, ilmu, dongeng rakyat, dan kronik
d. kenang-kenangan, kisah, ilmu dan seni
e. peristiwa, kisah, ilmu dan seni
Jawaban: e

23. Perhatika warta berikut:
1) Penafsiran ilmu sejarah bersifat objektif dalam arti sanggup dibuktikan kebenarannya.
2) Sejarah menceritakan insiden yang benar-benar terjadi
3) Sejarah menceritakan peristiwa-peristiwa masa lampau
4) Sejarah bertujuan memberi legitimasi kekuasaan kepada para pejabat
5) Semua insiden sejarah sanggup menjadi panutan serta pedoman bagi pembacanya.
Berdasarkan warta tersebut, ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah....
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 3), 4), dan 5)
e. 2), 4), dan 5)
Jawaban: a

24. Pembuatan kronologi dilakukan dengan tujuan berikut, kecuali....
a. sanggup berurutan kejadiannya
b. tersusun secara baik sehinga gampang dipahami
c. memudahkan adanya korelasi lantaran dan akibat
d. memenuhi pedoman penulisan sejarah
e. mempermudah pemahaman sejarah
Jawaban: c

25. Membaca buku sejarah, melihat banyak sekali peninggalan sejarah yang unik dan menarik sanggup menggugah rasa estetika, kekaguman, dan kecacatan terhadap kemampuan insan masa lampau beserta peradabannya. Sehubungan dengan itu sejarah mempunyai nilai....
a. edukatif
b. inspiratif
c. rekreatif
d. manipulatif
e. persuasif
Jawaban: c

26. Sebagai sebuah sumber sejarah, tradisi verbal mempunyai fungsi penting bagi masyarakat, kecuali....
a. melukiskan kondisi fakta mental masyarakat
b. menawarkan keturunannya yang berasal dari dewa-dewi
c. menawarkan simbol identitas masyarakat
d. merupakan simbol solidaritas masyarakat
e. alat legitimasi bagi keberadaan masyarakat
Jawaban: a

27. Cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi serta dianggap suci oleh yang empunya dongeng disebut....
a. mite
b. dongeng
c. legenda
d. babad
e. hikayat
Jawaban: a

28. Penulisan sejarah tradisional menekankan pada konsep....
a. loyalitas pada raja
b. pembelaan terhadap rakyat
c. dedikasi kepada Tuhan
d. pembebasan penderitaan rakyat
e. kesetiaan terhadap negara kebangsaan
Jawaban: a

29. Berikut ini yang merupakan ciri historiografi tradisional adalah....
a. etnosentris, sosiologis
b. istanasentris, religi-magis
c. rajasentris, sosiologis
d. mitologis, religius
e. religius, jawasentris
Jawaban: b

30. Perlawanan terhadap penguasa asing dianggap sebagai pemberontakan. Hal ini terjadi pada penulisan sejarah masa....
a. Hindu-Buddha
b. Islam
c. kolonial
d. pergerakan nasional
e. kemerdekaan
Jawaban: c

31. Di dalam sejarah apa yang terjadi pada ketika ini tidak terlepas dari apa yang terjadi sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa di dalam sejarah ada proses....
a. kontinuitas
b. diskontinuitas
c. heuristik
d. verifikasi
e. historiologi
Jawaban: a

32. Urutan langkah dalam penelitian sejarah yang benar adalah....
a. heuristik, verifikasi, interpretasi, pemilihan topik, historiografi
b. verifikasi, heuristik, interpretasi, pemilihan topik, historiografi
c. pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi
d. pemilihan topik, heuristik, interpretasi, verifikasi, historiografi
e. historiografi, heuristik, verifikasi, interpretasi, pemilihan topik
Jawaban: c

33. Interpretasi dalam metode penulisan sejarah adalah....
a. acara penafsiran sumber-sumber sejarah yang telah diseleksi untuk disusun sebagai fakta
b. memilih kebenaran suatu insiden dengan mengumpulkan sumber-sumber sejarah
c. acara menyeleksi sumber-sumber sejarah
d. acara merangkai fakta-fakta sejarah melalui laporan sejarah
e. acara mengumpulkan informasi banyak sekali bentuk sebagai sumber sejarah
Jawaban: a

34. Kegiatan menilai keaslian dan keabsahan suatu sumber sejarah dinamakan....
a. heuristik
b. verifikasi
c. interpretasi
d. historiografi
e. korespondensi
Jawaban: b

35. Peristiwa berikut yang bukan merupakan langkah-langkah penulisan sejarah, yaitu....
a. mencari sumber sejarah
b. menilai sumber sejarah
c. menyeleksi sumber sejarah
d. mempublikasikan sumber sejarah
e. mendeskripsikan sumber sejarah
Jawaban: d

36. Jasmine berkunjung ke perpustakaan daerah. Ia sedang mengumpulkan sumber-sumber sejarah wacana seputar peralihan kekuasaan dari pemerintah Orde Baru ke pemerintahan Reformasi. Kegiatan Jasmine tersebut dalam tahap penelitian sejarah disebut....
a. heuristik
b. historiografi
c. ekskavasi
d. verifikasi
e. interpretasi
Jawaban: a
37. Seminar Sejarah Nasional I pada tahun 1937 berlangsung di....
a. Bandung
b. Semarang
c. Yogyakarta
d. Surabaya
e. Jakarta
jawaban: c

38. Seorang sejarawan menguji kesesuaian tanggal pembuatan dokumen dengan isi dokumen. Hal ini dilakukan untuk melihat....
a. autentisitas sumber
b. dapat dipercaya sumber
c. kesalahan narasi
d. kesalahan interpretasi
e. kesalahan heuristik
Jawaban: a

39. Keterangan verbal yang pribadi didapat dari pelaku ataupun saksi insiden yang terjadi di masa kemudian merupakan....
a. sumber tertulis
b. artefak
c. sumber lisan
d. sumber primer
e. sumber sekunder
Jawaban: d

40. Penulisan sejarah yang menitikberatkan nasionalisme terjadi pada masa....
a. kolonial
b. revolusi`
c. Orde Baru
d. modern
e. reformasi
jawaban: b

ARTIKEL TERKAIT :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel