USBN : Soal Ujian SD Bahasa Indonesia dan Jawabannya Bagian 2

Soal Ujian SD Bahasa Indonesia

Soal Ujian SD Bahasa Indonesia - Postingan kali ini merupakan lanjutan dari USBN : Soal Ujian SD Bahasa Indonesia dan jawabannya bagian pertama. Saya membagi beberapa bagian agar tidak terlalu panjang dalam satu halaman dan tidak membuat para siswa bosan.  

21. Watak anak kelinci pada cerita tersebut adalah ....
A. peduli
B. cerdik
C. ragu
D. takut

Cerita untuk soal nomor 22-28
Induk Ayam dan Burung Elang hidup berdampingan dengan rukun. Keduanya saling menolong dalam keseharian. Suatu hari Induk Ayam mendatangi Elang. Malam itu, Induk Ayam mendapat undangan pesta. Ia bermaksud meminjam cincin yang indah milik elang. Sambil menyerahkan cincin, Elang berpesan, “Hati-hati, benda ini sangat berharga bagiku. Kalau hilang, nyawa anak-anakmu sebagai jaminannya.”

Induk Ayam sangat menikmati pesta yang meriah itu. Ia menjadi pusat perhatian kaum ayam. Semua
mengagumi cincin yang dipakainya. Ia menari mengikuti alunan musik bersama teman-temannya. Semaraknya suasna membuat Induk Ayam lupa pada anak serta cincin di cakarnya. Karena lelah, ia terlelap tidur. Keesokan hari, ia teringat pada cincin Burung Elang. Induk Ayam menengok kakinya. “Hah, celaka aku!” Dengan panik, dikoreknya setiap gundukan tanah. Ia mencari-cari cincin itu. Karena lelah, akhirnya ia melapor kepada Burung Elang. Burung Elang sangat murka. Ia mengancam akan mengambil anak-anak ayam. Sampai kini, induk ayam masih terus mengais tanah. Ia berusaha melindungi anak-anaknya dari buruan elang.

22. Kesimpulan cerita tersebut adalah ....
A. burung elang berhasil memburu anak-anak ayam
B. kedua sahabat itu saling mengingkari perjanjiannya
C. induk ayam sudah tidak mencari cincin milik burung elang
D. persahabatan keduanya tercederai akibat ulah induk ayam

23. Induk Ayam menengok kakinya,”Hah, celaka aku!”
Maksud pernyataan dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
A. induk ayam mengalami kehilangan saat pesta malam itu
B. cincin yang dipakai induk ayam hilang dari cakarnya
C. induk ayam terkejut karena cincin yang dipakainya musnah
D. burung elang mengancam induk ayam yang menghilangkan cincin

24. Hal yang akan terjadi jika induk ayam tidak pergi ke pesta malam itu adalah ....
A. induk ayam tidak perlu melindungi anaknya
B. cincin burung elang menjadi milik induk ayam
C. pesta kaum ayam tidak akan meriah malam itu
D. induk ayam tidak meminjam cincin burung elang

25. Awal konflik cerita tersebut adalah ....
A. induk ayam dan burung elang hidup berdampingan
B. induk ayam mendapat undangan pesta pada malam itu
C. induk ayam menghilangkan cincin yang indah milik elang
D. induk ayam meminjam cincin milik elang dengan perjanjian

26. Amanat yang terkandung pada cerita tersebut adalah ....
A. kita harus menjaga dan bertanggung jawab terhadap barang pinjaman
B. berlebihan saat melakukan pesta akan menimbulkan malapetaka
C. kita harus mengutamakan persahabatan di atas segala-galanya
D. kita harus berusaha untuk menghadiri undangan yang diterima

27. Tema cerita tersebut adalah ....
A. budi pekerti
B. kegemaran
C. kegiatan
D. hiburan

28. Nilai moral positif tokoh induk ayam dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
A. jujur atas segala kesalahan yang dilakukannya
B. menepati perjanjian yang sudah disepakati
C. berusaha keras menyenangkan sahabatnya
D. suka menjalin persahabatan dengan burung

Syair untuk soal nomor 29 dan 30.
Semua bermula dari hati
Hati bersih sampai sanubari
Manusia jangan melangit tinggi
Banyak orang tak simpati
29. Manusia jangan melangit tinggi.
Makna melangit pada kalimat tersebut adalah ....
A. mulia
B. hebat
C. angkuh
D. kaya

30. Banyak orang tak simpati
Maksud syair tersebut adalah ....
A. kita harus memulai menata hati agar dicintai orang
B. manusia yang berhati bersih pasti akan bahagia
C. banyak orang simpati pada orang yang tinggi
D. manusia yang angkuh tidak disukai orang

31. Pada pelajaran IPS, siswa kelas V SD Mulia mendapat tugas membuat .... Tugas ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang R.A. Kartini. Untuk mendapatkan informasi tersebut, siswa dapat memanfaatkan surat kabar dan majalah. Kemudian, hasilnya dijilid menjadi buku.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. brosur
B. tabloid
C. kliping
D. mading

32. Petunjuk penggunaan blender disusun secara acak:
(1) Pastikan blender dalam keadaan off, kemudian tancapkan steker!
(2) Siapkan blender dan bahan yang akan dilumatkan!
(3) Matikan blender, cabut steker dan tuangkan isinya ke wadah!
(4) Masukkan bahan yang akan dilumatkan!
(5) Tekan tombol on dan tunggu sampai bahan lumat!

Urutan penggunaan blender yang tepat adalah ....
A. (4)-(1)-(2)-(5)-(3)
B. (4)-(2)-(3)-(1)-(5)
C. (2)-(4)-(3)-(5)-(1)
D. (2)-(4)-(1)-(5)-(3)

33. Pedagang grosir itu membuatkan kuwitansi pembelian satu kuwintal gula inport.
Penulisan kata kuitansi, kuwintal, dan inport yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ....
A. kuitansi, kuintal, impor
B. kwitansi, kuintal, inpor
C. kuitansi, kwintal, import
D. kwitansi, kuintal, import

34. Energi alternatif dapat menghemat energi fosil. Energi ... sebagai pengganti solar. Bahan pembuatan energi ini dari tumbuhan kelapa sawit, jarak, dan nyamplung.
A. biodiesel
B. biodisel
C. bio diesel
D. bio disel

35. Cermati kalimat-kalimat petunjuk berikut!
(1) Masukkan bentukan bakso ke air mendidih, angkat jika sudah mengapung!
(2) Rebus air dalam panci sampai mendidih!
(3) Tuangkan adonan daging ke dalam wadah yang sudah diberi bumbu!
(4) Campurkan tepung kanji, kemudian lumatkan sampai kalis!
(5) Ambil adonan daging dengan tangan lalu dibentuk bulat!
Urutan petunjuk membuat bakso daging yang tepat adalah ....
A. 3-4-5-2-1
B. 3-4-1-5-2
C. 3-4-2-1-5
D. 3-4-2-5-1

36. Dian memang ..., ia suka berderma.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. besar hati
B. lurus hati
C. murah hati
D. teguh hati

37. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Akar serabut
(2) Daunnya menjuntai seperti pita
(3) Tanaman padi memiliki akar, batang, dan daun yang khas
(4) Batangnya berongga
Susunan kalimat acak agar menjadi paragraf deskripsi adalah ....
A. 3-4-1-2
B. 3-1-2-4
C. 3-2-1-4
D. 3-1-4-2

38. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Di toko itu, ia memilih beberapa buku cerita dan kamus
(2) Budi pergi ke Toko Buku Sari Ilmu kemarin sore
(3) Budi membayar sesuai dengan harga yang ditentukan
(4) Budi meninggalkan toko
(5) Ia mengantre di depan kasir untuk membayar
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf narasi adalah ....
A. 2-1-3-5-4
B. 2-1-4-5-3
C. 2-1-5-4-3
D. 2-1-5-3-4

39. Pada Senin, 2 Oktober 2017, SD Mulia melaksanakan upacara. Upacara tersebut untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hari itu bertepatan dengan Hari Batik Nasional. ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah ....
A. Peserta upacara mengenakan pakaian batik
B. Amanat upacara berkaitan dengan sejarah batik
C. Setelah upacara, semua siswa membeli kain batik
D. Setiap Hari Kesaktian Pancasila, siswa mengenakan batik

40. Perhatikan kalimat iklan berikut!
Ayo, hemat air!
Setetes air adalah ....
Kata yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut adalah ....
A. kesempurnaan
B. keberhasilan
C. keindahan
D. kehidupan

Lanjut ke soal nomor 41-50 => USBN : Soal Ujian SD Bahasa Indonesia dan Jawabannya Bagian 3
ARTIKEL TERKAIT :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel