Soal PG Bahasa Indonesia kelas X UTS | By Pengertians
11/09/2018
Edit
Soal PG Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 UTS
Berikut merupakan contoh soal Ujian Tengah Semester pilihan ganda beserta jawabannya untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X
1. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
Pada hari
Senin ada seorang pemuda menemui bagian personalia di perusahaan percetakan.
Paijo : "Selamat pagi, Pak. Saya Paijo.
Saya calon pegawai yang kemarin dipanggil untuk menjalani tes wawancara sebagai
kepala gudang. Begini, Pak. Kebetulan pada hari Rabu, saya menghadiri upacara
pernikahan adik saya. Bolehkah tes wawancaranya diundur?
Pegawai:
"Kalau tidak bisa besok berarti Bapak gugur sebagai calon pegawai di sini?
Paijo :
"Jangan, Pak, sebagai kompensasi Saya boleh ditempatkan di bagian
mana saja asalkan saya tetap diterima di sini, Pak.
Pegawai:
" Baiklah akan saya catat di sini.
Paijo : "Baik. Terima kasih atas
kebaikannya, Pak. Saya permisi dulu.
Mereka berdua
berjabat tangan dan Paijo berpamitan. Hal yang dilakukan Paijo sehingga dia
dapat terus mengikuti seleksi calon pegawai padahal dia tidak bisa mengikuti
seleksi tes wawancara pada hari Rabu adalah....
a. Paijo mengikuti tes wawancara pada hari
Selasa.
b. Paijo meminta ijin tidak mengikuti tes
wawancara pada pegawai di perusahaan percetakan.
c. Paijo membuat negosiasi bersedia
ditempatkan di bagian mana saja dengan bagian personalia perusahaan.
d. Paijo menjadi wakil keluarga pada
pernikahan adiknya.
e. aijo memiliki jiwa kepribadian yang
santun dan disiplin.
2. Bacalah teks di bawah ini!
Latar tempat
parkiran mal. Seorang gadis akan memarkirkan sepeda motornya.
Tukang parkir
: Permisi Mbak , boleh saya lihat STNK-nya?
Gadis : Astaga, saya lupa membawa Pak,
ada di tas saya satunya.
Tukang parkir
: Mohon maaf, Mbak, Anda tidak bisa parkir di sini karena tidak
membawa STNK.
Gadis : Tolonglah, Pak, adik saya sedang
mengikuti lomba menyanyi di dalam!
Tukang parkir
: Sebaiknya Anda parkir saja di luar, Mbak.
Gadis : Begini, Pak. Ini KTP saya sebagai
jaminan dan saya bersedia membayar denda dua
kali lipat asalkan saya bisa parkir di sini.
Tukang parkir
: Baiklah mari ikut saya ke kantor .
Gadis : Iya, Pak. Terima kasih atas
bantuannya.
Menurut
informasi di atas, syarat negosiasi yang harus dipenuhi gadis itu untuk dapat
memarkirkan sepeda motornya adalah ....
a. Membayar denda dua kali lipat.
b. Memberikan KTP sebagai jaminan dan
membayar denda dua kali lipat.
c. Memberikan KTP sebagai jaminan.
d. Menandatangani surat denda.
e. Memarkir sepeda motor di luar mal.
3. Cermatilah teks berikut!
Beberapa
ketua OSIS dari berbagai sekolah sedang berdiskusi. Mereka akan mengadakan
kegiatan bersama dalam rangka memperingati hari Pahlawan. Negosiasi berlangsung
alot. Tumini, salah satu ketua OSIS, selalu berbicara dengan bahasa yang
berbelit-belit sehingga perkataannya membingungkan peserta negosiasi lain.
Berdasarkan
cerita tersebut, negosiator seharusnya ...
a. mengucapkan salam pembuka.
b. menggunakan kata yang tepat.
c. intonasi suara harus jelas
d. berbicara secara santun.
e. memperhatikan giliran berbicara.
4. Cermatilah teks berikut!
Mukidi : "Jika upah buruh tidak
dinaikkan, kesejahteraan mereka akan terganggu.
Harga bahan bakar minyak baru
saja naik. Faktanya, harga berbagai barang
kebutuhan pokok juga telah
menyusul naik. Akibatnya, kinerja mereka akan
menurun."
Si Bos : "Tapi kita tidak bisa melakukannya
dalam waktu dekat ini. Mungkin tindakan itu baru bisa kita lakukan
beberapa bulan lagi."
Berdasarkan
percakapan negosiasi tersebut, yang dilakukan Mukidi adalah ...
a. menyampaikan pendapat disertai dengan
bukti atau fakta.
b. menghindari tuturan yang mengandung
ejekan atau sindiran.
c. menyampaikan pendapat dengan bahasa yang
santun.
d. menyampaikan pendapat secara
berbelit-belit.
e. menyampaikan pendapat tanpa mempedulikan
pendapat lain.
5. Kalimat-kalimat berikut tidak mengandung
santun dalam bernegosiasi ...
a. Berdasarkan bukti-bukti yang telah
Saudara kemukakan, saya dapat menarik kesimpulan sebagai berikut.
b. Mohon pertanyaan Saudara dipersingkat,
mengingat waktu yang sangat terbatas.
c. Pendapat Anda sebenarnya baik, tetapi
sebaiknya ditinjau ulang.
d. Saya anjurkan agar negosiasi ini segera
diakhiri karena tidak ada gunanya.
e. Jika tidak salah pemahaman saya, kita
sekarang tidak membahas masalah itu.
Bacalah teks
di bawah ini
soal untuk
nomor 6 - 8 !
Suasana
pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1.
Guru : Pagi
anak-anak! Silakan dikumpulkan tugas projek pembuatan naskah
drama yang bapak berikan satu
minggu yang lalu.
(Semua anak maju
kecuali Elen).
Elen : Pak,
mohon maaf tugas saya tertinggal. Padahal tadi, saya sudah siapkan. Karena
terburu-buru berangkat, saya lupa
memasukkannya ke dalam tas, Pak.
Guru : Makanya
di malam hari itu dipakai untuk belajar, selesai belajar buku-buku disiapkan,
lalu masukan ke dalam tas. Jangan nonton televisi saja. Kalau ada yang
tertinggal di rumah, ini indikasinya di malam hari tidak belajar. Saya juga kan
sudah bilang, siapa saja yang tidak mengumpulkan pada hari ini dengan alasan
apapun nilainya 0.
Elen : Pada
hari ini kan, Pak? Jadi, kalau saya kumpulkan nanti siang boleh, Pak? Saya izin telpon mamah papah saya untuk
mengantarkan ke sekolah, setelah itu saya langsung memberikan ke Bapak. Bagaimana, Pak?
Guru : Baiklah
kalau begitu Elen. Bapak tunggu sebelum pukul 12.00 WIB, ya.
Elen : Baik,
Pak terima kasih atas kemurahan hati Bapak.
6. Kalimat simpulan dari teks negosiasi di
atas ialah ....
a. Tugas projek naskah drama Elentertinggal
di rumah.
b. Bapak guru memberi nilai 0 bagi siswa
yang tidak mengumpulkan tugas projek hari ini.
c. Elen meminta orang tuanyauntuk
mengantarkan tugas projek ke sekolah.
d. Elen akan memberikan tugas projek bapak
guru sebelum pukul 12.00.
e. Elen meminta izin untuk menghubungi
mamanya.
7. Penulisan judul teks negosiasi di atas
salah, yang benar adalah ...
a. Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di
kelas X IPA 1.
b. Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia Di
Kelas X IPA 1
c. Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia di
kelas X IPA 1
d. Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di
kelas X IPA 1
e. Suasana Pembelajaran Bahasa Indonesia di
Kelas X IPA 1
8. Negosiasi dapat dilakukan menggunakan
bahasa persuasif. Bahasa persuasif adalah bahasa yang digunakan untuk...
a. Bertanya
b. Menjawab
c. Meminta
d. Menerima
e. Membujuk
9. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
Widjaksono
dan Nunung Bingungwati serta Aziz Gagap sedang bernegosiasi dengan calon
sponsor mereka. Mereka mewakili karang taruna untuk mencari dana. Dana tersebut
akan digunakan untuk acara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan. Dalam
negosiasi tersebut, Widjaksono merasa suasananya sangat formal dan tegang.
Nunung Bingungwati dan Aziz Gagap tampak bingung dan gugup. Lawan negosiasi
mereka juga tampak tidak ramah. Oleh karena itu, Widjaksono berusaha
mendinginkan suasana dengan sedikit bergurau tanpa mengurangi keformalan
negosiasi.
Trik
negosiasi yang dilakukan oleh Widjaksono adalah ...
a. berbicara dengan menggunakan bahasa
asing agar terlihat cerdas.
b. menggunakan kata ganti kami.
c. melakukan kontak mata.
d. mengambil kesimpulan dengan cepat
e. membuat suasana menjadi santai.
10. Cermatilah teks berikut!
Maskulin :
"Untuk memperingati HUT sekolah kita, lebih baik kita menampilkan tari
kuda lumping."
Masbro : "Lebih oke, kita menampilkan musik
dangdut Sagitu saja, pasti-kan lebih
seru!"
Maskulin :
"Tari kuda lumping juga bisa lebih seru, Masbro!"
Masbro : "Penonton akan lebih menyukai musik
dangdut daripada tarian."
Maskulin :
"Tapi kita punya beberapa penari kuda lumping di kelas. Ini pasti
menarik."
Masbro : "Kita juga punya beberapa penyanyi
hebat."
Berdasarkan
negosiasi tersebut, hambatan yang terjadi adalah ...
a. komunikasi hanya satu arah.
b. perbedaan pandangan.
c. adanya kesalahpahaman
d. umpan balik tidak tepat.
e. topik tidak fokus.
11. Cermatilah teks berikut ini!
Rudi
bernegosiasi mewakili perusahaannya. Ia bernegosiasi dengan perwakilan
perusahaan lain. Negosiasi tersebut bertujuan untuk mengadakan hubungan kerja
sama antardua perusahaan tersebut. Akhirnya, negosiasi tersebut menghasilkan
kesepakatan. Kedua pihak sepakat untuk menggabungkan kepentingan perusahaan
masing-masing. Dengan demikian, kedua perusahaan akan sama-sama mendapat
keuntungan.
Negosiasi
tersebut termasuk dalam negosiasi ...
a. kolaborasi
b. dominasi
c. akomodasi
d. menghindari konflik
e. kesamaan.
12. Berikut ini yang bukan merupakan trik dalam
bernegosiasi adalah ...
a. mengambil kesimpulan secara tepat.
b. melakukan kontak mata dengan lawan
negosiasi.
c. berbicara secara santun kepada lawan
negosiasi.
d. negosiator mengambil kesimpulan secara
tepat.
e. negosiator terus-menerus memuji lawan
negosiasi.
13. Bacalah kutipan teks negosiasi berikut ini!
Baik, Pak.
Terima Kasih. Boleh saya keluar?
kalimat
tersebut merupakan struktur negosiasi bagian dari....
a. Orientasi
b. Penutup
c. Isi
d. Persetujuan
e. Persuasif
14. Bacalah nukilan teks negosiasi berikut ini!
Pembeli :
1,3 juta itu harga baru co, tetapi ini HP bekas boleh nego lagi?
Penjual :
Bapak mau tawar berapa?
Pembeli :
Bagimana kalau 9 ratus, soalnya layar sudah ada yang tergores.
Unsur apa
yang paling dominan dari penggalan teks negosiasi tersebut...
a. Persetujuan
b. Penawaran
c. Pemenuhan
d. Penutup
e. Pembelian
15. Bacalah penggalan teks negosiasi berikut ini!
Penjual :
Terima kasih Pak atas kerja samanya. Semoga HP ini bisa membantu
memudahkan aktivitas dan komunikasi Bapak dengan saudara maupun rekan bisnis.
Pembeli :
Iya sama-sama, senang melakukan transaksi dengan Bapak.
Struktur
negosiasi bagian apa yang mewakili dialog di atas
a. Pembelian
b.
Persetujuan
c. Penutup
d. Penawaran
e. Pemenuhan
16. Orang yang bertindak memandu dan menengahi
pembicaraan dalam debat disebut ...
a. Juri
b. Pencatat waktu
c. Tim afirmasi
d. Tim oposisi.
e. Moderator
17. Perhatikan materi debat berikut ini!
Kalau
benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri, kalau benar-benar berupaya
menguasai ilmu dan teknologi, kalau benar-benar kita mau berdisiplin, kalau
benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah, kita pasti dapat menjadi
manusia berkualitas dan meningkatkan teknologi bangsa kita. Untuk apa
rekan-rekan? Untuk kejayaan bangsa kita pada masa yang akan datang. Mari kita
buktikan itu!
Kalimat
persuasif teks di atas adalah
a. Untuk kejayaan bangsa kita medatang. Mari
kita buktikan itu!
b. Kalau benar-benar kita bertekad ingin
meningkatkan diri
c. Kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu
dan teknologi
d. Kalau benar-benar kita mempunyai semangat
pantang menyerah
e. Kita pasti dapat menjadi manusia
berkualitas dan berteknologi tinggi.
18. Simaklah teks di bawah ini secara saksama!
Seorang
pendaki tebing memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain:
ia harus kuat, penuh perhitungan, belajar dari pengalaman, hati-hati, pantang
menyerah, dan disiplin. Hal ini sama dengan seseorang yang sedang belajar untuk
meraih cita-cita. Cita-cita akan tercapai jika seseorang tersebut memiliki
persyaratan yang hampir sama seperti seseorang yang sedang mendaki tebing.
Apabila
permasalahan tersebut disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang
benar adalah ...
a. Jadi, seorang pendaki gunung dan pelajar
mempunyai persyaratan yang hamper sama.
b. Jadi, syarat orang yang ingin sukses dengan
pendaki gunung dapat dipastikan hamper sama.
c. Jadi, persyaratan sukses seorang pelajar
yang ingin meraih cita-cita; sama dengan seorang pendaki tebing.
d. Jadi, keduanya harus memiliki persyaratan
yang sama seperti hati-hati, pantang menyerah, dan hati-hati.
e. Jadi, kesuksesan seorang pelajar dan
pendaki gunung memiliki kesamaan persyaratan.
19. Bacalah nukilan teks debat berikut dengan
saksama!
Kecenderungan
pada sebagian remaja adalah tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan
salah. Wujud dari kecenderungan tersebut adalah munculnya cara pikir dan
perilaku yang kacau dan sering menyimpang dari aturan yang berlaku di sekolah.
Penyebabnya, karena sejak kecil orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang
benar dan salah pada anak. Wajarnya, orang tua harus mampu memberikan hukuman
pada saat anak memunculkan perilaku yang salah dan memberikan pujian atau
hadiah saat anak memunculkan perilaku yang baik atau benar.
Apa penyebab
sebagian remaja tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah?
Jawaban yang
tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah karena ...
a. Munculnya cara pikir dan perilaku yang
kacau dan menyimpang dari aturan.
b. Orang tua tidak bisa membedakan perilaku
yang benar dan salah pada anak
c. Orang tua tidak pernah memberikan
hukuman kepada anak yang salah.
d. Orang tua tidak pernah memberikan hadiah
kepada anak yang baik.
e. Anak yang sering melakukan kesalahan di
sekolah orang tua tidak menghukumnya.
20. Bacalah secara saksama teks di bawah ini!
Mosi:
Mencintai dan Menekuni Pekerjaan
Kalimat
persuasif:
(1) Oleh
karena itu, saya anjurkan Bapak dan Ibu memiliki tujuan pekerjaan.
(2) Dengan
demikian, semua pekerjaan hendaknya dilakukan sesuai dengan tujuan.
(3) Jadi,
semua pekerjaan yang akan kita lakukan haruslah memiliki tujuan yang
diharapkan.
(4) Karena
itu, kita hendaknya mencintai pekerjaan yang akan kita lakukan.
(5) Dengan
demikian, marilah kita tekuni setiap pekerjaan yang kita lakukan agar
memperoleh hasil maksimal.
Kalimat
persuasif yang sesuai dengan mosi tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (4) dan (5).
e. (3) dan (4)
21. Bacalah nukilan debat di bawah ini dengan
saksama!
Saudara-saudara
yang saya hormati,
Harus kita
akui bahwa pembangunan pendidikan di Indonesia selama ini telah banyak
mengalami kemajuan yang cukup berarti, tetapi kita juga menyadari bahwa masih
terdapat banyak persoalan pendidikan yang harus diselesaikan secara bersama dan
bertahap sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan di era global.
Kalimat
persuasif yang tepat untuk melengkapi nukilan debat di atas adalah ...
a. Oleh sebab itu, marilah kita melakukan
berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.
b. Melalui proses pembangunan pendidikan
kita hendaknya membangun manusia Indonesia seutuhnya.
c. Sebaiknya kita harus membekali peserta
didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
d. Atas dasar itulah langkah kita ke depan
menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.
e. Marilah kita antisipasi arah pembangunan
nasional khususnya dalam bidang pendidikan.
22. Bacalah teks di bawah ini dengan saksama!
November
2010, erupsi Merapi yang terletak di perbatasan DIY - Jawa Tengah mengakibatkan
adanya perubahan ekosistem di kawasan tersebut. Akhir November itu pula, Gunung
Sorik Marapi di Sumatera Barat memuntahkan lahar. Kerugian cukup besar akibat
erupsi itu. Di Jawa Timur, Gunung Bromo dan Gunung Ijen memuntahkan material
dari perutnya sehingga kerugian miliaran rupiah. Di Maluku Utara, tepatnya di
Ternate, Gunung Gamalama pun meletus. Akibatnya, Bandara Baabullah tutup total
karena tertutup abu vulkanik. Sementara Gunung Sindoro di Jawa Tengah mulai
bergemuruh sehingga diberi status siaga. Begitupun Gunung Krakatau di Selat
Sunda melontarkan abu vulkanik ratusan kali.
Kesimpulan
paling tepat generalisasi di atas adalah ...
a. Dari Sabang sampai Merauke terdapat
banyak gunung berapi.
b. Di seluruh Indonesia terdapat gunung
berapi yang masih aktif.
c. Wilayah Indonesia kaya gunung berapi
yang masih aktif.
d. Di wilayah laut Indonesia pun terdapat
gunung berapi.
e. Di Indonesia sering terjadi bencana
karena banyak gunung berapi yang aktif.
23. Bacalah paragraf berikut!
Menurut Anton
J. Supit, Ketua Aprisindo (Asosiasi Persepatuan Indonesia), pemerintah Cina
memberikan dukungan penuh kepada para pengusahanya untuk melakukan ekspansi
bisnis dan investasi. Para pengusaha dan asosiasi di Indonesia justru sibuk
menyikapi kebijakan pemerintah yang berubah-ubah.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks
di atas adalah ...
a. Sebaiknya, pemerintah Cina memberikan
dukungan kepada pemerintah Indonesia.
b. Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke
Cina untuk menambah modalnya.
c. Sebaiknya, pemerintah Indonesia
mencontoh kebijakan pemerintah Cina supaya ekonomi Indonesia maju.
d. Pemerintah Indonesia sebaiknya tidak usah
mencontoh kebijakan pemerintah Cina.
e. Pengusaha Indonesia bergairah menanamkan
modalnya karena perhatian pemerintah begitu besar.
24. Bacalah paragraf berikut!
Bahasa
sebagai alat komunikasi manusiawi yang otonom, tidak dapat dimanipulasi
masyarakat pemakainya. Bahasa mempunyai daya kreatif bagi manusia. Bahasa bisa
membentuk kebudayaan baru, sebagai contoh barangkali dapat disebut bahasa
politis. Bahasa para politisi di meja
perundingan dapat mengubah wilayah kebudayaan dari mana kedua politisi itu
muncul menjadi medan perang kalau tidak tercapai kata sepakat.
Mosi bacaan
di atas adalah ....
a. bahasa dapat menimbulkan perang.
b. bahasa dapat menjadikan manusia kreatif.
c. bahasa dapat menciptakan kembali manusia
dan kebudayaan.
d. bahasa memiliki kuasa yang ampuh.
e. bahasa sebagai alat komunikasi yang
tidak dapat dimanipulasi pemakainya.
25. Bacalah
nukilan materi debat berikut!
Produk-produk
gorengan yang kini sudah menjadi industri besar baik di kota kecil maupun di
kota besar antara lain adalah fastfood. Tidak ada yang jelek dengan makanan
yang siap saji itu, kecuali bila dikonsumsi berlebihan. Bagaimanapun juga bahan
dasar kelompok santapan ini adalah makanan bergizi seperti daging ayam atau
daging sapi dan kentang atau nasi. Ketidakseimbangan gizi muncul karena porsi
pangan hewannya yang di dalamnya terkandung cukup banyak kolesterol terlalu
besar. Sebaliknya kandungan sayuran dalam makanan siap saji ini umumnya rendah.
Kalimat
tanggapan yang tepat sesuai dengan materi debat di atas adalah ...
a. Sebaiknya mengkonsumsi makanan siap saji
tidak berlebihan karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.
b. Sebaiknya produk-produk gorengan yang sudah
menjadi besar ditinggalkan.
c. Makanan siap saji boleh saja dikonsumsi
berlebihan.
d. Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi
makanan yang banyak mengandung kolesterol.
e. Ketidakseimbangan gizi makanan siap saji
disebabkan kurangnya kandungan sayuran.
26. Perhatikan teks di bawah ini!
Pernyataan
khusus:
1. Bahasa Indonesia
menyerap kosa kata dari bahasa Arab terutama yang berkaitan dengan masalah
agama, terutama agama Islam.
2. Contoh
kosa kata hasil penyerapan dari bahasa Arab adalah musyawarah, hak, salat, dan
taubat.
3. Bahasa
Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari bahasa
Jepang, Jerman, Korea dan negara lainnya.
4. Kosa kata
dan istilah teknologi hasil penyerapan dari negara-negara tersebut antara lain
komputer, gadget, televisi, internet, dan astronot.
5. Tak hanya
itu, bahasa Indonesia juga menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari
negara lain.
6. Contoh
kosa kata hasil penyerapan terakhir antara lain
karate, dansa, bakso, cwimie, dan kimono.
Kesimpulan
generalisasi teks di atas adalah ...
a. Bahasa Indonesia menyerap kata dan
istilah sekaligus budaya dari negara lain.
b. Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata
dan istilah bidang teknologi dari negara asing.
c. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan
istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
d. Bahasa Indonesia menyerap kata dan
istilah dari Arab, Jepang, Jerman, Korea.
e. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan
istilah untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
27. Bacalah teks di bawah ini secara cermat!
Orang tua
mendidik kita di rumah dengan penuh kasih sayang. Mereka mengajari kita banyak
hal. Tak jarang kita dimarahi ketika kita nakal dan tidak mematuhi nasihat
mereka. Di sekolah para guru juga mendidik kita dengan penuh kasih sayang.
Guru-guru kita mengajari kita berbagai ilmu pengetahuan dan ketrampilan, bahkan
juga memberikan teladan akhlak yang baik. Demi menanamkan kedisiplinan dan
tanggung jawab, para guru pun acapkali memberi hukuman pada kita.
Apabila teks
di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...
a. Jadi, dapat dikatakan bahwa orang tua
adalah guru kita.
b. Jadi, dapat dikatakan bahwa para guru
adalah orang tua kita di sekolah.
c. Jadi, para guru bukan orang tua kita.
d. Jadi, orang tua selalu mendidik kita
seperti guru.
e. Jadi, kita dimarahi guru di sekolah
seperti halnya orang tua kita.
28. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
Penyedotan
air semakin berlebih saat pasokan air tidak mencukupi laju pertambahan
aktivitas komersial. Penyedotan secara berlebihan, terutama oleh pengelola
gedung-gedung bertingkat, tidak hanya dilakukan pada sumur dalam, tetapi juga
sumur dangkal. ...
Apabila teks
di atas disimpulkan dengan penalaran sebab-akibat maka jawaban yang paling
tepat adalah ..
a. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar
gedung tinggi mulai kering.
b. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar
gedung tinggi mulai dalam.
c. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar
gedung tinggi mulai dangkal.
d. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar
gedung tinggi mulai berlebihan.
e. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar
gedung tinggi mulai disedot.
29. Bacalah kutipan paragraf sebab akibat berikut
dengan baik!Pendidikan kesenian di sekolah, hingga kini, masih belum
mendapatkan perhatian serius. Sekolah-sekolah yang masih menunggu petunjuk di
Depdiknas menempatkan kesenian bukan sebagi hal mendesak. ...
Kalimat akibat
untuk mengisi pada bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah
a. Akibatnya, pendidikan kesenian di
sekolah tak terlampau dapat diharapkan.
b. Akibatnya, pendidikan kesenian di
sekolah berjalan tanpa arah yang tak jelas.
c. Maka, pendidikan di sekolah keseniannya
tak dapat diandalkan warga sekolah.
d. Maka, pendidikan kesenian di sekolah
sama sekali tak berjalan dengan wajar.
e. Akibatnya, pendidikan kesenian di
sekolah hanya berjalan ala kadarnya.
30. Baca nukilan debat di bawah ini!
Peningkatan
kesejahteraan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan
masyarakat. Baik pria maupun wanita, hendaknya selalu meningkatkan rasa
tanggung jawab mereka terhadap kesejahteraan bersama. Kader-kader wanita
diharapkan juga peduli terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Banyak
kaum wanita yang terpaksa bekerja karena suami mereka terkena PHK
Kalimat
simpulan yang paling sesuai untuk nukilan debat
di atas adalah
a. Akan tetapi, kaum wanita selama ini
masih dipandang sebagai objek, bukan sebagai subjek.
b. Dengan demikian, bekerja atau tidaknya
para wanita di luar rumah tetap berpengaruh terhadap kesejahteraan sebuah
keluarga.
c. Meskipun demikian, tidak serta-merta
wanita harus ditempatkan sebagai pelaku tunggal dalam segala sesuatu.
d. Untuk itu, pemerintah perlu
memperhatikan nasib kaum wanita yang suami mereka terkena PHK.
e. Oleh karena itu, sesuatu bisa terjadi
bila wanita tidak diberikan kesempatan dalam menentukan kesejahteraan sebuah
keluarga.
31. Bacalah nukilan biografi di bawah ini!
Henry, pemain
yang besar di Arsenal sejak 1999 - 2007 ini sempat membuat kado
perpisahan yang begitu manis di ajang Premier League.
Klausa
nominal dalam kalimat tersebut adalah ...
a. Henry, pemain yang besar di Arsenal
sejak 1999 - 2007 ini
b. pemain yang besar di Arsenal sejak
1999 - 2007 ini
c. besar di Arsenal sejak 1999 - 2007 ini
d. Henry yang begitu manis di ajang
Premier League
e. pemain yang besar di Arsenal yang
begitu manis
32. Cermatilah kalimat acak berikut!
(1) Sajak “Perempuan-Perempuan
Perkasa” yang ditulisnya menggambarkan
kehidupan rakyat yang bekerja keras.
(2) Hartoyo Andang Jaya adalah seorang
guru, penyair, esais, sekaligus penerjemah.
(3) Ia menulis sajak tersebut karena kekaguman
terhadap para perempuan yang bekerja dari pagi hingga petang.
(4) Ia mulai menulis sejak sekolah menengah
di Solo.
(5) Dengan sajak yang satu ini nama Hartoyo
disebut-sebut dalam dunia kepenyairan.
Urutan
kalimat yang benar agar menjadi biografi yang bagus adalah ....
a. (1), (3), (4), (2), (5)
b. (4), (2), (3), (5), (1)
c. (5), (3), (4), (2), (1)
d. (2), (4), (1), (3), (5)
e. (3), (1), (4), (5), (2)
33. Bacalah nukilan biografi Arafat berikut
secara saksama!
Arafat ...
seluruh hidupnya untuk bangsa Palestina. Selama ini Arafat ... posisi paling
depan dan paling berbahaya dalam menghadapi agresi Israel. Arafat merupakan
ikon perjuangan bangsa Palestina. Sekarang Arafat ... rakyat yang dicintainya.
Tentu semua merasa kehilangan.
Frasa yang
tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. sudah mengambil, telah menduduki, sudah
tiada.
b. tiada mengangkat, telah berdiri, telah
merangkul.
c. sudah menyisihkan, selalu mengambil,
telah menarik.
d. telah menghabiskan, selalu mengambil,
telah meninggalkan.
e. hampir menyumbangkan, telah mengambil,
telah tiada.
34. Bacalah penggalan biografi di bawah ini
dengan saksama!
Gelar sarjana
sastra diraihnya pada 1957, dan doktor honoris causa, delapan belas tahun
kemudian -- keduanya di Fakultas Sastra UI. Ia juga sempat mendalami ilmu
perbandingan sastra di Universitas Yale, AS. Ia menguasai bahasa Inggris,
Belanda, Prancis, dan Jerman.
Ada kisah
unik saat ia menempuh pendidikan di UI. Saat itu, HB Jassin merangkap sebagai
mahasiswa dan mahaguru sekaligus. Ketika kuliah sastra-lama, terutama mata
pelajaran Jawa Kuno, Sanskerta, HB Jassin menjadi mahasiswa, tekun duduk
bersama mahasisawa lainnya dan penuh perhatian pada mata kuliahnya. Akan
tetapi, begitu berganti mata kuliah Sastra Modern, Masa Kekinian, HB Jassin
berdiri dan maju ke depan, berdiri di podium lalu memberi kuliah, karena memang
sebagai doktor Sastra Modern.
Hal yang
menarik dari biografi di atas adalah ...
a. H.B. Jassin mendapat gelar doktor
honoris causa.
b. H.B. Jassin mendalami ilmu
perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.
c. Ia memberikan teladan kepada para
mahasiswa untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi
mahasiswa dan mahaguru sekaligus.
d. Ia mengajarkan mata kuliah sastra
modern.
e. Ia tidak menguasai mata kuliah sastra
lama.
35. Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi
tersebut adalah ...
a. Mengapa H.B. Jassin memilih kuliah di
UI?
b. Bagaimana riwayat pendidikan dasar
H.B. Jassin?
c. Bahasa asing apa saja yang dia
ajarkan?
d. Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di
UI?
e. Kapan H.B. Jassin memperoleh gelar
dokter?
36. Perhatikan biografi berikut ini!
Ramadan K.H.
yang nama lengkapnya adalah Ramadan Karta Hadimadja (lahir di Bandoeng, 16
Maret 1927 - meninggal di Cape Town, Afrika
Selatan, 16 Maret 2006 pada umur 79 tahun) adalah seorang penulis biografi
Indonesia. Ia meninggal setelah menderita kanker prostat selama ± 3 bulan.
Kang Atun,
panggilan akrab Ramadan, adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Ayahnya,
Rd. Edjeh Kartahadimadja, adalah seorang patih Kabupaten Bandung pada masa
kekuasaan Hindia Belanda. Ia dilahirkan dari perkawinan ayahnya dengan Saidah.
Aoh K. Hadimadja (1911 - 1972) yang juga dikenal sebagai penyair dan novelis
itu, adalah kakak kandung seayah Ramadan yang lahir dari rahim istri pertama
ayahnya yakni Rd. Djuwariah binti Martalogawa. Ketika usia Ramadan masih belum
genap tiga bulan, ayahnya terpikat perempuan lain dan menceraikan Saidah yang
langsung dikembalikan ke kampung. Pengalaman tersebut membuat ia dekat dengan
sosok ibu dan menghayati derita kaum perempuan.
Masalah yang
dialami Kang Atun dalam biografi tersebut adalah ..
a. Ia terlahir dari keluarga penyair
b. Ramadhan K.H. pernah terpikat perempuan
lain dan menceraikan istrinya
c. Orang tuanya bercerai ketika ia masih
balita
d. Sejak kecil ia menderita kanker prostat
e. Ia terlahir dengan sepuluh bersaudara
37. Hal yang bisa diteladani dari tokoh dalam
biografi tersebut adalah ..
a. Ayahnya adalah seorang patih Kabupaten
Bandung
b. Ia memiliki kakak yang juga seorang
penyair dan novelis
c. Ia hanya mampu menulis biografi
d. Menjadikan masa lalunya menjadi
pengalaman yang berharga
e. Ia hanya akrab bergaul dengan kaum
perempuan
38. Bacalah penggalan biografi tokoh berikut ini!
Albert
Einstein lahir hari Jumat, 14 Maret 1879, di sebuah kota yang makmur, di bagian
selatan Jerman. Sejak masih bayi, Einstein sudah mengundang komentar. Ibunya
merasa bentuk kepalanya tidak seperti bayi-bayi lain. Dan lebih dari itu, dia
juga merasa takut kalau Albert Einstein menderita cacat mental karena dia
terlambat bicara.
Teks di atas
menjelaskan tentang ....
a. kelahiran Albert Einstein.
b. ciri-ciri fisik Albert Einstein.
c. Albert Einstein terlambat bicara.
d. Sisi lain dari nama Albert Einstein.
e. Tanggal dan tahun kelahiran Albert
Einstein
39. Bacalah penggalan teks biografiberikut!
Albert
Einstein tak memerlukan uang, gelar-gelar dan pujian. Ia menciptakan
kebahagiaan tersendiri dengan hal-hal yang sederhana, misalnya bermain bola
atau bekerja. Walt Disney hanya mengendarai mobil bekas, Rolls Royce juga bisa
mengendarai mobil mewah jika ia mau. Wright bersaudara si pencipta pesawat
terbang sangat sederhana hidup dan tingkah lakunya, sampai-sampai enggan
diberitakan dan dipotret. Thomas Alfa Edison senang bekerja di laboratorium
semalam suntuk. Alferd Nobel mewariskan seluruh kekayaannya yang sangat besar
untuk penghargaan bagi penemu atau ilmuwan yang berjasa bagi kehidupan manusia.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ...
a. Banyak hal diteladani dari kehidupan
tokoh dunia.
b. Untuk menjadi tokoh ternama harus
bekerja dengan keras.
c. Para tokoh ternama menjalani hidupnya
dengan sederhana.
d. Tokoh ternama telah mendarmakan
baktinya bagi kehidupan manusia.
e. Keberhasilan hanya dapat tercapai
dengan bekerja keras.
40. Bacalah biografi tokoh berikut!
Pria itu
selalu berpakaian “dinas”
celana pendek jeans dan kemeja lengan pendek yang ujung lengannya tidak
dijahit. Namun demikian, dia adalah salah satu sosok enterpreuner sukses. Dia
memulai usahanya benar-benar dari bawah dan bukan dari keluarga wirausaha.
Pendiri dan pemilk kem chicks supermarket ini, merupakan sopir taksi dan
karyawan unilever yang kemudian menjadi pengusaha sukses. (Biografi, Bob
Sadino).
Hal menarik
dari penggalan biografi di atas adalah ...
a. Bob Sadino mendirikan usaha dari bawah.
b. Bob Sadino merupakan enterpreuner sukses.
c. Bob Sadino pemilik Kem Chicks
supermarket.
d. Bob Sadino merupakan mantan karyawan
unilever.
e. Bob sadino, pengusaha yang selalu
berpakaian “dinas”
santai.
Kunci
1
|
C
|
11
|
A
|
21
|
A
|
31
|
B
|
2
|
B
|
12
|
E
|
22
|
C
|
32
|
D
|
3
|
B
|
13
|
B
|
23
|
C
|
33
|
D
|
4
|
A
|
14
|
B
|
24
|
E
|
34
|
C
|
5
|
D
|
15
|
C
|
25
|
A
|
35
|
D
|
6
|
D
|
16
|
E
|
26
|
C
|
36
|
C
|
7
|
E
|
17
|
A
|
27
|
B
|
37
|
D
|
8
|
E
|
18
|
C
|
28
|
A
|
38
|
A
|
9
|
E
|
19
|
B
|
29
|
E
|
39
|
C
|
10
|
B
|
20
|
D
|
30
|
D
|
40
|
E
|