Kisi - Kisi UNBK Sosiologi SMA Program IPS 2019
12/30/2018
Edit
Berikut ini Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Sosiologi SMA Program IPS Tahun 2019 Perbutir Soal berdasarkan hasil bedah Kisi-kisi UN SMA Tahun 2018/2019. Semoga contoh prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Sosiologi SMA Program IPS Tahun 2019 Perbutir Soal dapat membantu para siswa SMA dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional yang pada umumnya akan dilaksanakan dengan moda UNBK.
PERKIRAAAN KISI-KISI UN SMA TAHUN 2019
HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019
Mata Pelajaran : Sosiologi
Program : IPS
No Urut.
|
Indikator Yang Diuji
|
|
1. KONSEP DAN OBJEK KAJIAN SOSIOLOGI
|
||
1
|
Menentukan teori sosiologi yang tepat untuk mengkaji
hubungan sosial dalam masyarakat
|
|
2
|
Menentukan ciri sosiologi berdasarkan kegiatan upaya
masyarakat dlm mengembangkan ilmu pengetahuan
|
|
3
|
Menentukan jenis nilai sesuai dengan gambar pelaksanaan
nilai dalam masyarakat
|
|
4
|
Menentukan jenis norma yang terkait pada penyimpangan
tertentu di masyarakat
|
|
2. KEHIDUPAN SOSIAL, PERMASALAHAN DAN SOLUSINYA
|
||
5
|
Menganalisis dampak hubungan sosial dr penggunaan alat
komunikasi dlm interaksi sosial
|
|
6
|
Menentukan faktor yg mempengaruhi interaksi tindakan
masyarakat melakukan interaksi sosial
|
|
7
|
Menentukan pola sosialisasi yang tepat pada anak dg
karakter yang spesifik
|
|
8
|
Menentukan faktor penyebab terjadinya penyimpangan
dalam kondisi tertentu
|
|
9
|
Membandingkan efektifitas pengendalian sosial disertai
alasannya.
|
|
10
|
Menentukan dasar/sifat pelapisan dr gambar pelapisan
sosial dg karakteristik tertentu
|
|
11
|
Menentukan contoh masyarakat yg menganut sesuai ciri tg
pelapisan sosial dg ciri tertentu
|
|
12
|
Menganalisis penghargaan pd status terkait sifat
pelapisan sosial status individu
|
|
13
|
Mengidentifikasi kelompok tertentu berdasarkan
ciri-ciri kelompok sosial
|
|
14
|
Menentukan faktor penyebab kemajemukan
diferensiasi/kemajemukan dalam masyarakat
|
|
15
|
Memprediksi akibat dari hubungan tersebut terhadap
keharmonisan masyarakat
|
|
16
|
Memecahkan masalah yang ditimbulkan akibat permasalahan
yang berpotensi konflik
|
|
17
|
Menyimpulkan bentuk mobilitas sosialnya berdasarkan
gambar.
|
|
18
|
Menganalisis hubungan antara mobilitas dengan konflik
sosial.
|
|
19
|
Menjelaskan penyebab terjadinya konflik antarindividu/kelompok
|
|
20
|
Mengidentifikasi jenis konflik
|
|
21
|
Memecahkan masalah dari konflik dengan ciri tertentu
|
|
22
|
Menentukan hubungan antara fungsi/peran lembaga sosial
dengan upaya menciptakan tertib sosial.
|
|
23
|
Menentukan fungsi lembaga pendidikan berdasarkan gambar
yang ada.
|
|
24
|
Menentukan ciri-ciri lembaga sosial dalam memenuhi
kebutuhan khususnya
|
|
25
|
Menentukan pelaksanaan fungsi lembaga keluarga dalam
aktivitas
|
|
26
|
Menganalisis fungsi/peran lembaga pendidikan dengan
tujuan tertentu
|
|
27
|
Mengidentifikasi Fungsi lembaga tertentu
(agama/ekonomi/politik)
|
|
28
|
Mengidentifikasi aktivitas sebagai ciri-ciri masyarakat
tertentu.
|
|
3. MASYARAKAT MULTIKULTURAL, PERUBAHAN SOSIAL, DAN
GLOBALISASI
|
||
29
|
Mengidentifikasi kegiatan sebagai wujud multikultural.
|
|
30
|
Menyimpulkan pentingnya tindakan yang menjunjung sikap
multikultural.
|
|
31
|
Memprediksi akibat yang timbul dimasa mendatang dr
karakteristik masyarakat multikultural
|
|
32
|
Menganalisis keuntungan/kerugian sikap
primordialisme/etnosentrisme dalam masyarakat.
|
|
33
|
Menganalisis pentingnya integrasi dalam menciptakan
harmoni social.
|
|
34
|
Menentukan solusi terkait upaya menjaga keutuhan NKRI.
|
|
35
|
Menentukan contoh sikap yang mendorong terbentuknya
keharmonisan sosial
|
|
36
|
Menentukan contoh dalam masyarakat dr proses perubahan
sosial sesuai bagan/gambar
|
|
37
|
Mengidentifikasi bentuk perubahan sesuai dengan contoh.
|
|
38
|
Menganalisis faktor penyebab perubahan bidang tertentu
|
|
39
|
Memprediksi perubahan dalam masyarakat akibat penemuan
baru sesuai bagan
|
|
40
|
Membandingkan pentingnya perilaku modernisasi dari pada
westernisasi.
|
|
41
|
Mengidentifikasi perubahan tersebut sebagai dampak
globalisasi dlm masyarakat.
|
|
42
|
Menentukan dampak negatif globalisasi yang timbul dalam
masyarakat
|
|
43
|
Menganalisis pentingnya kearifan lokal dalam menghadapi
arus globalisasi.
|
|
4. PENELITIAN SOSIAL
|
||
44
|
Menyimpulkan jenis penelitian sesuai ilustrasi.
|
|
45
|
Menentukan tujuan terkait syarat memilih topik yang
baik.
|
|
46
|
Merumuskan masalah yang tepat sesuai dengan judul.
|
|
47
|
Menyimpulkan jenis data berdasarkan gambar
|
|
48
|
Membandingkan kelebihan dua teknik berbeda pada
populasi dengan karakteristik tertentu
|
|
49
|
Menentukan makna data dalam tabel dikaitkan
permasalahan yang ada dalam masyarakat.
|
|
50
|
Menentukan manfaat hasil penelitian bagi peneliti/masyarakat/pemerintah
beserta alasannya.
|